Thursday, April 26, 2018

Memanfaatkan teras ruma untuk menanam cabai

| 8:51 AM |
Cabai adalah salah satu sayur yang sebagain orang menyukainya, rasa pedas yang dihasilkannya seolah olah dapat menambah nafsu maka bagi seseorang yang suka dengan cabai. Ada berbagai jenis cabai yang ada dibumi ini, namun umunya yang sering ditanam dan dimanfaatkan orang untuk bumbu masak adalah cabai rawit dan cabai merah besar.

Untuk mendapatkan cabai kita bisa membelinya ditoko toko, supermarket, ataupun dipasar. Akan tetapi jika anda ingin mencoba menanam cabai sendiri juga tidaklah masalah, karena tanaman cabai mudah untuk tumbuh meskipun hanya ditanam dipolybeck kecil. Untuk itu bagi anda yang ingin mencoba menanam cabai di teras teras rumah ataupun dipekarangan rumah simaklah cara cara berikut ini agar cabai yang anda tanam bisa tumbuh dengan subur.

- Pertama tama belilah benih cabai yang anda suka, boleh cabai rawit atau cabai merah besar
- Setelah itu siapkan tempat/polyback
- Siapkan tanah subur yang bisa anda dapatkan dikebun
- Masukkan tanah tersebut pada polyback yang sudah disediakan
- Tanam benih cabai pada polyback, setiap polyback diisi 3-4 benih cabai
- Sirami sedikit air jika sudah ditanam

Perawatan tanaman cabai




Setelah proses penanaman selesai maka selanjutnya adalah proses perawatan, dalam perawatan cabai yang perlu diperhatikan adalah penyiraman. Penyiraman harus kita lakukan setiap hari, dipagi hari dan disore hari. Dan disaat umur tanaman cabai belum mencapai sekitar 3 Minggu kita tidak perlu memberinya pupuk, biarkan saja dan cukup menyiraminya saja.

Dan setelah tanaman cabai berumur sekitar 3 Minggu maka kita harus memberinya pupuk, pupuk yang baik adalah pupuk kandang yang sudah kering dan pupuk dapat kita cari atau kita beli ditoko pertanian. Tebarkan pupuk didekat tanaman cabai secara merata namun secukupnya saja, kemudian siram menggunakan air. Ulangi pemupukan seperti semula, yaitu setiap sekitar 3 Minggu sekali.

Setelah tanaman cabai memasuki umur 2,5 bulan sampai dengan 3 bulan dia akan berbuah, dan saat berbuah inilah kita harus teliti memperhatikannya. Karena biasnya saat berbuah ada beberapa ulat atau serangga yang berdatangan untuk mengisap sarinya, dan jika kita mengetahui hal ini maka segeralah membasmi hama tersebut. Dan jika cabai udah terlihat tua dengan warna yang berubah menjadi merah maka dapat kita petik untuk dimanfaatkan membuat sambal atau campuran bumbu masakan.

Nha itulah cara menanam cabai dipekarangan rumah menggunakan polyback. Selain untuk kesibukan, menam cabai di pekarangan rumah juga dapat membuat hijau pekarangan rumah kita, sehingga udaranya tidak begitu terlihat panas. Dan yang jelas kita dapat memanfaatkan cabe tersebut untuk berbagai keperluan, dan apalagi disaat harga cabai yang melambung tinggi.

Baca juga: ciri hajar jahanam asli mesir

No comments:

Post a Comment

Back to Top